Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelas Batik Sebagai Media Kreatifitas Seni Anak Bangsa

       Pembelajaran peserta didik dengan mata pelajaran Seni Budaya yang salah satu mata pelajarannya diampu mulai dari peserta didik Sekolah Dasar sampai Menengah Atas merupakan pembelajaran yang wajib diikuti oleh semua peserta didik. Hal ini diharapkan agar generasi bangsa kita tidak akan kehilangan jati diri budaya bangsa.
              Penerapan salah satu kompetensi dasar dari sub topik yang bisa diambil adalah Seni Rupa, materi ini sangat erat sekali kaitannya dengan pendidikan budaya dalam mengembangkan kreatifitas peserta didik untuk menciptakan sebuah hasil seni yang berbudaya, yaitu batik.

kelas batik sebagai media kretifitas anak bangsa

             Batik merupakan warisan leluhur bangsa kita, tidak dipungkiri dalam perkembangan generasi milenial membuat batik menjadi sebuah kreatifitas yang kurang dilirik oleh generasi muda saat ini. Peran serta kita sebagai generasi bangsa yang menjadi pewaris budaya bangsa harus selalu dipupuk, sehingga kita tidak akan kehilangan warisan budaya bangsa ini yang merupakan jati diri kita sebagai bangsa Indonesia. 
kelas batik sebagai media kretifitas anak bangsa

            Pengaplikasian materi batik ke dalam kelas bisa dilakukan dengan cara membangkitkan minat siswa untuk menuangkan ide seni kreatifitas mereka, penulis dalam hal ini sangat yakin bahwa kegiatan membatik akan menjadi kegiatan yang sangat diminati peserta didik dalam setiap kali pertemuannya Tentunya kegiatan membatik di dalam kelas merupakan kegiatan yang merilekskan kinerja otak peserta ddik. 


              Kegiatan membatik di kelas melatih peserta untuk belajar sabar dan ketekunan, menciptakan suasana yang tenang dan santai, akan tetapi konsentrasi dan ketelitian juga sangat diperhitungkan. Kelas batik dirasa sangat bermafaat keberadaannya, karena menumbuhkan semangat peserta didik untuk mencintai warisan budaya bangsa serta membuka kreatifitas yang dituangkan ke dalam berbagai motif di atas sehelai kain. 

Oleh sebab itu, kelas batik merupakan sebuah sarana pembelajaran bagi peserta didik untuk melestarikan warisan budaya bangsa. Jika bukan mereka adalah generasi bangsa, lalu siapa lagi yang akan melakukannya. 

kelas batik sebagai media kretifitas anak bangsa



Post a Comment for "Kelas Batik Sebagai Media Kreatifitas Seni Anak Bangsa"