Ulasan Singkat Mengenai Zbrush

Ulasan singkat mengenai software Zbrush

ZBrush adalah alat patung digital yang menggabungkan pemodelan, tekstur, dan lukisan 3D / 2.5D. Ia menggunakan teknologi "pixol" eksklusif (lihat di bawah) yang menyimpan informasi pencahayaan, warna, bahan, orientasi, dan kedalaman untuk titik-titik yang membentuk semua objek di layar. Perbedaan utama antara paket pemodelan ZBrush dan lebih tradisional adalah bahwa itu lebih mirip dengan patung tradisional.

Fullscreen screenshot of ZBrush 4.0

ZBrush digunakan untuk membuat model "resolusi tinggi" (mampu mencapai 40+ juta poligon) untuk digunakan dalam film, game, dan animasi, oleh perusahaan mulai dari ILM dan Weta Digital, hingga Epic Games dan Electronic Arts. ZBrush menggunakan tingkat resolusi dinamis untuk memungkinkan pematung membuat perubahan global atau lokal pada model mereka.

 ZBrush paling dikenal karena mampu memahat detail frekuensi menengah hingga tinggi yang secara tradisional dilukis dalam peta benjolan. Rincian jala yang dihasilkan kemudian dapat diekspor sebagai peta normal untuk digunakan pada versi poli rendah dari model yang sama. Mereka juga dapat diekspor sebagai peta perpindahan, meskipun, dalam hal itu, versi poli yang lebih rendah umumnya membutuhkan lebih banyak resolusi. Atau, setelah selesai, model 3D dapat diproyeksikan ke latar belakang, menjadi gambar 2.5D (di mana efek lebih lanjut dapat diterapkan). Pekerjaan kemudian dapat dimulai pada model 3D lain yang dapat digunakan dalam adegan yang sama. Fitur ini memungkinkan pengguna bekerja dalam adegan rumit tanpa overhead prosesor yang berat.

ZBrush dikembangkan oleh perusahaan Pixologic Inc, didirikan oleh Ofer Alon (juga dikenal dengan alias "Pixolator") dan Jack Rimokh. Perangkat lunak ini disajikan pada tahun 1999 di SIGGRAPH. Versi demo, 1.55, dirilis pada 2003, dan versi 3.1 dirilis pada 2007. ZBrush 4 untuk sistem Windows dan Mac diumumkan pada 21 April 2009 untuk rilis Agustus, tetapi kemudian ditunda. Versi 3.5 dibuat tersedia pada bulan September tahun yang sama, dan mencakup beberapa fitur baru yang awalnya ditujukan untuk ZBrush 4. [1]

Melalui GoZ ("Go ZBrush"), tersedia mulai dalam Versi 4, ZBrush menawarkan integrasi dengan program grafis 3D lainnya seperti Autodesk Maya, Autodesk 3ds Max, Cinema 4D, LightWave 3D, Poser Pro, DAZ Studio, EIAS, Modo [2] dan Blender.

Karena kemudahan penciptaan bentuk organik, Zbrush digunakan dalam film untuk penciptaan makhluk serta animasi medis.

Pixol
Seperti piksel, setiap "pixol" berisi informasi tentang posisi dan nilai warna X dan Y. Selain itu, ini berisi informasi tentang kedalaman (atau posisi Z), orientasi, dan materi. File terkait ZBrush menyimpan informasi pixol, tetapi ketika peta ini diekspor (mis., Ke format JPEG atau PNG) mereka diratakan dan data pixol hilang. [3] Teknik ini mirip dalam konsepnya dengan voxel, jenis lain dari piksel 3D.
Image result for pixol zbrush Image result for pixol zbrush


Fitur

Contoh adegan yang dibuat menggunakan ZBrush
ZBrush hadir dengan banyak fitur [4] untuk membantu dalam memahat model dan meshes.

3D Brushes
Pengunduhan ZBrush awal hadir dengan tiga puluh brush 3D dengan lebih banyak tersedia untuk diunduh. Setiap brush menawarkan atribut unik serta memungkinkan kontrol umum atas kekerasan, intensitas, dan ukuran. Alphas, digunakan untuk membuat pola atau bentuk tertentu, dan tekstur juga fitur brush yang dapat diedit.

Image result for 3D brushes zbrush

Polypaint
Polypainting memungkinkan pengguna untuk melukis di permukaan objek tanpa harus terlebih dahulu menetapkan peta tekstur dengan menambahkan warna langsung ke poligon.

Image result for polypaint zbrush

Illustration
ZBrush juga memberikan kemampuan memahat di 2.5D, dan dilengkapi dengan beberapa brush untuk tujuan itu. Pixol yang diletakkan ketika memahat atau mengilustrasikan dalam 2.5D berisi informasi tentang warna, kedalaman, bahan, posisi, dan informasi pencahayaannya sendiri.

Transpose
ZBrush juga memiliki fitur yang mirip dengan animasi kerangka dalam program 3D lainnya. Fitur transpose memungkinkan pengguna untuk mengisolasi bagian dari model dan berpose tanpa perlu skeletal rigging.

Image result for transpose tool zbrush

ZSpheres
Seorang pengguna dapat membuat mesh dasar dengan topologi seragam dan kemudian mengubahnya menjadi model yang dapat diukir dengan memulai dengan bola sederhana dan mengekstraksi lebih banyak "ZSpheres", hingga bentuk dasar dari model yang diinginkan dibuat.

Image result for zspheres zbrush


GoZ

Tab GoZ di rak Autodesk Maya.
Diperkenalkan dalam ZBrush 3.2 OS X, GoZ mengotomatiskan pengaturan jaringan peneduh untuk peta normal, perpindahan, dan tekstur dari model 3D dalam aplikasi yang mendukung GoZ. Setelah mengirim mesh kembali ke ZBrush, GoZ akan secara otomatis memetakan kembali detail resolusi tinggi yang ada ke mesh yang masuk. [2] GoZ akan mengurus operasi seperti mengoreksi poin & pesanan poligon. Mesh yang diperbarui segera siap untuk perincian lebih lanjut, ekstraksi peta, dan mentransfer ke aplikasi lain yang mendukung GoZ

Image result for goz zbrush

Pratinjau Render Terbaik
Juga disertakan paket render lengkap yang dikenal sebagai Best Preview Render, yang memungkinkan penggunaan peta lingkungan 360 ° penuh untuk menerangi pemandangan menggunakan gambar HDRI. BPR mencakup sistem manipulasi cahaya baru yang disebut LightCaps. 
Dengan itu, orang tidak hanya dapat menyesuaikan bagaimana lampu di tempat kejadian ditempatkan di sekitar model, tetapi juga menghasilkan lingkungan berdasarkan itu untuk rendering HDRI nanti. Ini juga memungkinkan untuk penyesuaian material secara real-time. Sifat material seperti hamburan di bawah permukaan didukung sebagaimana juga refleksi lingkungan dan garis pindai. BPR juga mencakup seperangkat filter bawaan yang dapat digunakan secara waktu nyata untuk membuat efek dramatis dan koreksi tanpa menyentuh program manipulasi foto lainnya.

Image result for best preview render zbrush

DynaMesh
Hal ini memungkinkan ZBrush dengan cepat menghasilkan model baru dengan distribusi poligon yang seragam, untuk meningkatkan topologi model dan menghilangkan peregangan poligon

Image result for dynamesh zbrush

Fibermesh
Fibermesh adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menumbuhkan serat poligon dari model mereka atau membuat berbagai item botani. Ini juga merupakan cara untuk mengedit dan memanipulasi sejumlah besar poligon sekaligus dengan brush Groom

Image result for fibermesh zbrush

ZRemesher
Ini adalah sistem retopologi otomatis yang sebelumnya disebut QRemesher yang menciptakan topologi baru berdasarkan mesh asli. Topologi baru umumnya lebih bersih dan seragam. Proses ini juga dapat dipandu oleh pengguna untuk membuat topologi baru mengikuti kurva dalam model dan mempertahankan lebih detail ke area yang ditentukan

Image result for zremesher zbrush

Shadowbox
Shadowbox memungkinkan pengguna untuk menggambar siluet kasar dari apa yang ingin mereka modelkan, ke bagian dalam kotak virtual. Secara real-time, setiap perubahan pada gambar diterapkan ke model 3D, yang di atasnya rincian lebih lanjut dapat diterapkan. Fitur terbaik dapat digunakan untuk pemodelan permukaan keras

Image result for shadowbox zbrush

0 Response to "Ulasan Singkat Mengenai Zbrush"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel