Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Flip Book

Pengertian Flip Book


Flipbook animation - Home | Facebook
Flip book atau flick book adalah buku dengan serangkaian gambar yang secara bertahap berubah dari satu halaman ke halaman berikutnya, sehingga ketika halaman-halaman diputar dengan cepat, gambar-gambar tampak bernyawa dengan mensimulasikan gerakan atau beberapa perubahan lainnya. 

Animation kit teaches you how to make your own colourful flipbooks ...

Buku flip sering berupa buku bergambar untuk anak-anak, tetapi juga dapat diarahkan untuk orang dewasa dan menggunakan serangkaian foto daripada gambar. Buku flip tidak selalu merupakan buku yang terpisah tetapi dapat muncul sebagai fitur tambahan di buku atau majalah biasa, sering kali di sudut halaman. Paket perangkat lunak dan Situs Web juga tersedia yang mengubah file video digital menjadi buku flip yang dibuat khusus.

Artist creates amazing hand-drawn custom flip books | 6abc.com
Alih-alih "membaca" dari kiri ke kanan, pemirsa hanya menatap lokasi yang sama dari gambar-gambar di buku flip saat halaman berputar. Buku itu juga harus dibalik dengan kecepatan yang cukup agar ilusi bekerja, sehingga cara standar untuk "membaca" buku flip adalah dengan memegang buku dengan satu tangan dan membalik-balik halamannya dengan ibu jari tangan yang lain. Kata Jerman untuk buku flip — Daumenkino, yang diterjemahkan menjadi "thumb movie" - mencerminkan proses ini.

Kadang-kadang diasumsikan bahwa buku flip yang relatif sederhana telah ada sejak jauh sebelum penemuan perangkat animasi abad ke-19 yang lebih rumit seperti phenakistiscope (1832) dan zoetrope (1866), tetapi tidak ada bukti konklusif yang ditemukan. Ada beberapa buku iluminasi abad pertengahan dengan gambar berurutan, seperti Sigenot (sekitar 1470). Ilustrasi dalam Sigenot secara konsisten dibingkai dan memiliki interval pendek antara fase aksi yang berbeda, tetapi gambar tidak dapat menghasilkan ilusi gerak yang fasih. Gagasan yang diperlukan tentang hal-hal yang lebih kecil dari satu detik tidak akan benar-benar berkembang sebelum abad ke-19.

Development of Animation: Flipbook

Dokumentasi buku flip tertua yang diketahui muncul pada September 1868, ketika dipatenkan oleh John Barnes Linnett dengan nama kineograph ("gambar bergerak"). Mereka adalah bentuk animasi pertama yang menggunakan urutan gambar linear daripada lingkaran (seperti pada fenakistoskop yang lebih tua). Pelopor film Jerman, Max Skladanowsky, pertama kali memamerkan gambar fotografinya dalam bentuk buku flip pada tahun 1894, karena ia dan saudaranya Emil tidak mengembangkan proyektor film mereka sendiri sampai tahun berikutnya. 

Pada tahun 1894, Herman Casler menemukan bentuk buku flip mekanis yang disebut Mutoscope, yang memasang halaman pada silinder berputar pusat daripada mengikat mereka dalam sebuah buku. Mutoskop tetap menjadi daya tarik populer selama pertengahan abad kedua puluh, muncul sebagai mesin yang dioperasikan dengan koin di arcade dan taman hiburan. Pada tahun 1897, pembuat film Inggris Henry William Short memasarkan "Filoscope" -nya, yang merupakan buku flip yang ditempatkan di wadah logam untuk memudahkan membalik.

Sped Up Art: Mickey Mouse [Steamboat Willie ver.] - YouTube
Buku flip sekarang sebagian besar dianggap mainan atau hal baru untuk anak-anak dan dulunya "hadiah" umum dalam sereal dan kotak Cracker Jack. Namun, di samping peran mereka dalam kelahiran bioskop, mereka juga telah menjadi alat promosi yang efektif sejak penciptaan mereka untuk produk dewasa seperti mobil dan rokok. Mereka terus digunakan dalam pemasaran hari ini, serta dalam seni dan koleksi fotografi yang diterbitkan. Buku flip vintage sangat populer di kalangan kolektor, dan khususnya yang langka dari akhir abad ke-19 hingga awal abad ke-20 diketahui menghasilkan ribuan dolar dalam penjualan dan lelang.

Sejak 2007, Walt Disney Animation Studios telah memulai film-filmnya dengan logo produksi yang awalnya membangkitkan flip book. Ini dimulai dengan tampilan halaman kertas kosong, kemudian ketika halaman mulai berputar, detail diambil untuk mengungkap Mickey Mouse di Steamboat Willie.

MICKEY MOUSE 1932 MOVIE ANIMATION FLIP BOOK 2 SCENES | #38600230
Festival buku flip internasional pertama diadakan pada tahun 2004, oleh Akademie Schloss Solitude di Stuttgart. Festival buku flip internasional lainnya diadakan di Linz, Austria pada 2005.

Pada 2010, layanan pos Hongaria merilis buku flip perangko yang menggambarkan gömböc yang bergerak. Federasi Filateli Israel merilis "Buklet Perangko Animasi Israel" pada bulan November 2010 dengan 15 perangko yang dirancang oleh Mish untuk dianimasikan ketika membalik halaman. Ini memperingati 50 tahun ASIFA, peringatan 25 tahun ASIFA Israel dan "Flip Book Anniversary ke-250".


Post a Comment for "Flip Book"