ANGLE KAMERA

a. Eye level
Pada eye level, kamera diposisikan sejajar dengan mata subjek. Angle jenis ini digunakan agar penonton atau audiens memiliki interpretasi yang sama dengan operator kamera. Segala pergerakan kamera menjadi tanggung jawab operator.





b. Low angle
Kamera berada sejajar dengan tanah. Posisi kamera dapat menghadap 45o ke atas (frog eye) atau sejajar dengan tanah. Angle seperti ini menyebabkan subjek tampak lebih besar atau lebih tinggi dibandingkan aslinya.






c. High angle
Pada angle ini, kamera berada 45o di atas subjek dan menghadap subjek. Angle jenis ini menjadikan subjek terlihat lebih kecil dibandingkan aslinya.






d. Conversation
Posisi kamera menghadap subjek ketika dua orang atau lebih dalam posisi sejajar dengan subjek lain dan sedang melakukan percakapan.




e. Two shoot
Posisi kamera menghadap subjek ketika dua orang atau lebih dalam posisi sejajar dengan subjek lain dan tanpa percakapan.




f. Close up
Tipe shoot yang hanya menunjukkan wajah dan sedikit pundak. Fokus pada bagian tertentu yang menjadi perhatian utama.




g. Medium Close Up
Tipe shot yang menunjukkan wajah, dada, leher, dan pundak. Gambar yang diambil agak lebih luas seperti pasfoto.

h. Big Close Up
Lebih mengutamakan pada wajah, bahkan biasanya dahi atau bagian atas kepala sedikit terpotong. Tipe shoot ini akan menonjolkan mimik subjek.

i. Extreme Close Up
Tipe ini lebih dekat atau besar dibandingkan MCU, CU, dan BCU. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan pesan verbal dari subjek, misalnya mata yang semakin tajam dengan menyipit atau melotot, dan meneteskan air mata. Angle jenis ini ingin menunjukkan hal-hal yang sifatnya detail. Biasanya yang diambil pada tipe ini hanya mata dan sekitarnya. Untuk bibir tidak dianjurkan kecuali memang menjadi point of interest. Jika tidak berhati-hati menggunakan angle jenis ini, bisa jadi kesan yang diperoleh tidak sesuai harapan.

j. Medium Shoot
Batasannya perut hingga head room. Angle jenis ini memberikan informasi kostum yang dikenakan subjek, keadaan fisik subjek (sedang berdiri atau duduk), juga menunjukkan info tentang keberadaan subjek. Hanya saja, info yang disampaikan tidak sebanyak yang terlihat pada jenis angle medium long shoot.




k. Medium long shoot
Persentase tentang subjek dengan keterangan tempat berbanding seimbang, batasannya adalah dari paha sampai dengan head room.

l. Long shoot
Tipe shoot yang memberikan informasi letak atau keberadaan subjek, keadaan fisik subjek, dan pakaian subjek. Batasannya adalah head room sampai dengan di bawah sepatu atau telapak kaki.

m. Extreme long shoot
Persentase informasi yang diperoleh antara subjek dengan tempat atau background 30:70.

n. Wide shoot
Lebih sering menggunakan lensa wide seperti 16mm, 11mm, dan 8mm. Shoot jenis ini bertujuan memberikan informasi tempat, suasana, keadaan cuaca, dan lain-lain.

o. Bird eye
Kamera berada tepat di atas subjek menghadap ke bawah (subjek) memberikan kesan seolah-olah manusia itu kecil, seperti burung yang sedang terbang melihat subjek.



0 Response to "ANGLE KAMERA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel