Virus Corona

CONVID 19

Dalam seminggu ini tempat kami dihebohkan dengan adanya CONVID 19, CONVID 19 adalah corona virus jenis baru, ditemukan pada manusia sejak kejadian luar biasa muncul di Wuhan Cina, pada Desember 2019, kemudian diberi nama Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-COV2) dan menyebabkan peyakit Coronavirus Desease-2019 (CONVID 19)

Bagaimana Penularannya?
Seseorang dapat terinfeksi dari penderita COVID-19. Penyakit ini dapat menyebar melalui tetesan kecil (droplet) dari hidung atau mulut pada saat batuk atau bersin. Droplet tersebut kemudian jatuh pada benda di sekitarnya. Jika ada orang lain menyentuh benda yang sudah terkontaminasi dengan droplet tersebut, lalu orang itu menyentuh mata, hidung atau mulut (segitiga wajah), maka orang itu dapapat terinfeksi COVID-19.

Bagaimana Gejala Penderita?
Image result for demam
Demam ≥38 derajat C

Image result for batuk kering cartoon
Batuk Kering

Image result for sesak nafas cartoon
Sesak Nafas

Semua kegiatan belajar mengajar disekolah juga dialihkan untuk belajar dirumah dengan harapan untuk meminimalisir penularan virus. Pembelajaran online menjadi sarana yang dipakai untuk kegiatan belajar mengajar di rumah. Tentu saja hal ini akan berhasil dilakukan bagi peserta didik yang memang mempunyai sikap disiplin dalam belajar.  Akan tetapi hal ini akan menjadi sebuah kegiatan yang gagal jika peserta didik mempunyai sikap malas belajar.

Tips Pencegahan
Melakukan kebersihan tangan rutin terutama sebelum memegang mulut, hidung dan mata; serta setelah memegang instalasi publik. 
Image result for kebersihan tangan
Mencuci tangan dengan air dan sabun cair, bilas setidaknya 20 detik. Keringkan dengan handuk atau kertas sekali pakai. Atau menggunakan alkohol 70-80% handrub.
Image result for batuk cartoon
Menutup mulut dan hidung ketika bersin atau batuk menggunakan tisu, atau siku. Tisu yang digunakan dibuang ke tempat sampah dan cuci tangan setelahnya.

Melakukan pemeriksaan dan pengobatan di fasilitas layanan kesehatan ketika mengalami gejala saluran pernafasan

Pencegahan di Satuan Pendidikan

  1. Mengoptimalkan peran Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) atau unit layanan kesehatan, berkoordinasi dengan fasilitas pelayanan kesehatan. Berkomunikasi dengan Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan/atau Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi setempat. 
  2. Memastikan ketersediaan sarana untuk cuci tangan pakai sabun (CTPS) dan alat pembersih sekali pakai (tissue) di berbagai lokasi strategis di satuan pendidikan; 
  3. Menjaga kebersihan makanan dan lingkungan. Lakukan pembersihan secara rutin, khususnya handel pintu, saklar lampu, komputer, papan tik (keyboard) & fasilitas lain yang sering terpegang. 
  4. Memberikan izin bagi yang sakit. Terapkan libur jika diperlukan. Lakukan komunikasi rutin dengan orangtua

0 Response to "Virus Corona"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel